Virtual Kantor - di zaman yang sangat maju ini dengan ada nya internet kita dapat mudah memulai bisnis dengan modal yang sangat terbatas. Karena dengan kemudahan ini banyak pengusaha baru yang bermunculan.
Dalam memulai usaha ada beberapa faktor yang akan mempengaruhi kesuksesan bisnis. Seperti managemen tim , finance dan penjualan. Nah disini aku akan memberi tips mengenai managemen tim. Salah satu cara managemen tim yaitu dengan membuat SOP. Pasti kamu sudah tidak asing mendengar istilah SOP. Kamu sudah tahu belum apa itu SOP ?
SOP berasal dari singkatan Standar Operational Procedure. Tujuan SOP disini adalah agar setiap bagian dapat memahami tujuan atau visi dari perusahaan. dengan tujuan ini maka setiap bagian dapat saling membantu dalam mewujudkan tujuan tersebut.
Pengertian SOP
SOP atau Standar Operational Procedure adalah kumpulan peraturan, yang dibuat oleh pelaku usaha untuk menjalankan tugas masing masing bagian dari perusahaan. SOP disini juga dapat digunakan untuk menilai kinerja dari suatu karyawan. Apakah karyawan tersebut sudah melakukan tugas nya dengan baik atau belum.
Bentuk SOP biasanya berbentuk dokumen yang berisi peraturan dan kewajiban dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.
Pengertian SOP menurut Sailendra adalah merupakan panduan yang digunakan untuk memastikan kegiatan operasional organisasi atau perusahaan agar perusahaan berjalan dengan lancar.
Manfaat SOP
1. Sebagai acuan berjalan nya tanggung jawab setiap bagian
2. Mengurangi kelalaian tugas seorang karyawan dan memastikan setiap bagian melakukan tanggung jawab pekerjaan nya dengan benar.
3. Sebagai standarisasi sebuah pekerjaan
4. Dapat digunakan untuk training staff baru agar dapat menyesuaikan dengan SOP yang berlaku
5. Membuat kerja disetiap bagian menjadi lebih efisien
6. Sebagai bahan penilaian kinerja setiap bagian perusahaan. Contoh nya apakah staff telah melakukan SOP yang berlaku.
7. Staff dapat lebih mandiri tanpa ada nya arahan pimpinan. Walaupun pimpinan tidak ada proses bisnis tetap berjalan

Bagaimana cara Menyusun sebuah SOP
1. Perencanaan pembuatan SOP
Kamu dapat mulai perencanaan SOP dengan mengumpulkan staf yang berkompeten di setiap bagian. Contoh nya kepala devisi marketing, kepala devisi sales, kepala devisi operasional dll. Setelah kumpul maka kamu selaku pemilik bisnis memberikan sebuah tanggung jawab yang harus dijalankan disetiap devisi. Setiap bagian devisi merangkum SOP yang diberikan pimpinan agar dijalankan oleh setiap anggota devisi.
2. Menentukan waktu dan penerapan nya
Sop harus memiliki rentan waktu yang jelas untuk pelaksanaan tugas masing masing devisi. Dan tempat penerapan nya juga harus ditentukan. Contoh nya di karyawan café Makanan dibuat tidak boleh lebih dari 15 menit.
3. Menyusun alur kerja pada setiap devisi
Alur kerja dapat dibuat menggunakan flow chart agar staff lebih paham memahami alur perusahaan tersebut.
4. Lakukan uji coba dan evaluasi dari SOP yang dibuat
Setelah jadi alur kerja maka kamu harus melakukan uji coba SOP dan melakukan evaluasi. Apakah SOP yang berjalan sudah benar atau belum.
5. Sosialisasi kan pada karyawan
Kamu dapat mensosialisasi kan pada staf perusahaan dalam sebuah rapat. Dengan dihadiri semua devisi perusahaan.
6. Memantau dan menganalisis
Setelah SOP berjalan berbulan bulan kamu dapat memantau dan menganalisis SOP yang kamu buat. Jika ada kekurangan maka kamu bisa memperbaiki SOP yang kamu buat.
Semoga tips membuat SOP dapat membuat perkembangan bisnis kamu menjadi lebih baik lagi.