Virtual Kantor - Di era yang serba mudah dengan ada nya internet kita dapat memasarkan sebuah produk atau jasa dengan lebih mudah. Ada banyak cara memasarkan produk atau jasa melalui internet seperti menjual di eccomerce, media sosial, atau pun melalui website.
Nah pada kesempatan kali ini aku akan berbagi tips bisnis di media sosial. Salah satu metode pemasaran yang masih banyak digunakan untuk media sosial adalah influencer. Alasan influencer masih sangat bagus dalam meningkat kan penjualan karena influencer mampu mempengaruhi pengikut media sosial nya agar membeli sebuah produk.
Hampir semua bisnis sedang beralih ke dunia online. Kamu dapat melakukan kolaborasi dengan inlfluencer dengan membuat konten yang bermanfaat seperti menjelaskan detail dan manfaat produk atau jasa yang kamu buat.
Di era sekarang orang tidak suka hanya melihat iklan semata. Namun orang melihat konten iklan yang memiliki kemanfaatan dan sisi kreatif dari produk atau jasa yang mereka jual. Nah orang orang akan gampang membeli suatu produk atau jasa jika mendapatkan rekomendasi dari seseorang.
Kamu pasti pernah kan mendapatkan rekomendasi dari temen kamu atau idola kamu dalam membeli sebuah produk. Rasa percaya ini lah yang mendorong marketing menggunakan influencer masih sangat lah bagus.
Fungsi utama influencer adalah memberikan rekomendasi kepada pengikut nya untuk membeli sebuah produk atau jasa. Marketing influencer terbukti dapat mendatangkan traffic audience dalam waktu yang cukup singkat.

TIPS MEMILIH INFLUENCER
Jangan sampai salah memilih influencer. Karena jika kamu salah dalam memilih influencer maka kamu akan mengeluarkan uang secara sia sia.
1. Riset influencer
Hal yang harus kamu riset adalah seperti apa konten konten yang dibuat oleh influencer yang ingin kamu gunakan. Konten yang dibuat harus relate dengan hal yang ingin kamu jual, jumlah follower, engamen rate, seberapa populer influencer, adakah berita negative mengenai influencer yang kamu pakai.
Jangan terpaku hanya dengan jumlah follower. Kamu harus mencari influencer yang dapat mempengaruhi follower mereka.
2. Cek Riwayat influencer
Kamu dapat mengecek Riwayat influencer tersebut apakah ada produk/brand yang bekerjasama dengan influencer yang ingin kamu gunakan. Hal ini dapat mengukur kualitas influencer yang ingin kamu gunakan. Jika banyak brand brand besar maka kamu dapat menggunakan influencer tersebut.
3. Orisinalitas follower influencer
Kamu harus mengecek keaslian follower influencer jangan terlalu percaya dengan jumlah like follower influencer. Karena kadang ada influencer menggunakan pembelian follower atau like agar keliatan besar. Padahal semua itu hanya follower pasif.
Kamu dijamin merugi jika menggunakan influencer yang memiliki follower pasif. Kesimpulan nya kamu harus cek ke aslian dari follower influecer yang ingin kamu gunakan.
4. Sesuaikan degan budget
Kamu harus menganggarkan budget untuk marketing influencer. jika dirasa budget influencer yang kamu gunakan terlalu besar maka kamu bisa menggunakan influencer yang lain. Jangan menganggarkan biaya promosi diluar kemampuan perusahaan kamu.
5. Sesuai dengan produk yang ingin kamu jual
Target audience influencer yang kamu pilih sebaiknya sesuai dengan produk yang kamu jual. Jika target pasar kamu adalah anak muda maka kamu dapat menggunakan influencer anak muda juga.
6. Sesuaikan skala promosi produk
Jika usaha kamu masih baru dimulai atau masih kecil kamu dapat menggunakan influencer kecil. Hal ini akan lebih cocok jangan terlalu terburu terburu menggunakan influencer yang besar jika bisnis kamu belum terlalu besar. Kamu akan kewalahan menghadapi customer.
7. Reputasi baik dan engament yang tinggi
Tentu nya kamu harus memilih influencer yang memiliki reputasi yang cukup baik oleh masyarakat. Jika memiliki citra jelek bisnis kamu juga akan terkena dampak nya juga.
8. Perhatikan konten yang dibuat oleh influencer
Kamu harus memantau konten konten seperti apa yang dibuat si influencer. jangan memilih influencer yang terlalu sering update konten agar video promosi mu menjadi lebih maksimal.
Itulah tips dalam memilih influencer. jika kamu belum memakai influencer maka kamu dapat mencoba nya terlebih dahulu.
Jika kamu ingin usaha kamu menjadi lebih besar kamu membutuhkan legalitas usaha. Kami membuka jasa untuk pengurusan legalitas usaha berbentuk PT CV dll. Bisa hubungi kami di
https://www.virtualkantor.id