Virtual Kantor - Faktor kesuksesan bisnis memiliki banyak faktor seperti mengelola/managemen tim dalam bisnis.marketing, atau keuangan. Pada kesempatan kali ini aku akan berbagi kepada kamu bagaimana cara mengolah keuangan bisnis agar bisnis dapat lebih berkembang.
Keuangan adalah hal yang sering di sepelekan namun jika kamu tidak memperhatikan ini maka besar kemungkiran bisnis kamu susah berkembang bahkan mengalami kebangkrutan. Maka dari itu kita selaku pemilik bisnis harus memiliki kemampuan untuk membaca keuangan bisnis.
Contoh kesalahan yang sering dilakukan oleh pebisnis kecil yaitu mencampurkan uang pribadi dan uang bisnis. Sehingga keuangan bisnis menjadi berantakan ang mengakibatkan efek buruk pada bisnis kamu.

Yuk kita pelajari bagaimana mengolah keuangan bisnis yang benar. Tujuan dari mengolah keuangan bisnis ini adalah pembukuan keuangan bisnis harus berjalan dengan baik.
1. Mencatat Setiap pengeluaran di dalam bisnis
Hal yang kamu harus lakukan yaitu mencatat setiap pengeluaran di dalam bisnis. Hal ini digunakan untuk melihat seberapa besar pengeluaran di dalam bisnis. Kamu harus mencatat keuangan bisnis kamu secara lengkap walaupun pengeluaran itu kecil jangan menyepelekan pengeluaran pengeluaran kecil.
Kamu dapat menyimpan bukti bayar atau faktur yang dikeluarkan. Apakah kamu sudah melakukan hal ini. jika belum kamu harus segera melakukan hal ini.
2. Merencanakan pengeluaran dalam bisnis
Setelah mencatat setiap pengeluaran. Hal yang wajib kamu lakukan adalah merencanakan pengeluaran dalam bisnis kamu. Perencanaan dapat digunakan untuk 1 bulan kedepan atau 1 tahun kedepan.
Kamu wajib mengelist pengeluaran kamu di waktu yang akan mendatang. Hal ini digunakan agar pengeluaran usaha/bisnis kamu bisa menjadi lebih terkendali dalam mengeluarkan anggaran usaha.
Dalam menyesuaikan budgeting kamu dapat menyesuaikan dengan kemampuan bisnis kamu. Tidak usah terlalu memaksakan. Kamu juga dapat melakukan review budgeting dengan menganalisa pengeluaran sebelum nya. Apakah ada pengeluaran yang tidak berguna.
3. Memisahkan keuangan pribadi dan bisnis
Point ke tiga ini tidak boleh kamu remehkan karena dengan tercampurnya keuangan pribadi dan bisnis akan membuat keuangan bisnis menjadi berantakan. Dan akan susah melacak keuangan bisnis.
Masih banyak pebisnis kecil yang masih menggabungkan keuangan pribadi dan bisnis sehingga mereka susah dalam berkembang bahkan ada yang mengalami kebangkrutan.
Langkah awal dalam memisahkan keuangan pribadi dan bisnis tentu nya kamu harus membuat akun bank yang berbeda. Dapat menggunakan bank yang berbeda atau identitas yang berbeda.
Jika kamu belum melakukan hal ini maka segeralah memisahkan akun bank kamu.
4. Mencatat pemasukan bisnis
Point ke 4 juga wajib kamu catat pemasukan bisnis kamu. tidak hanya pengeluaran saja yang kamu catat namun pemasukan wajib kamu catat.
Contoh pemasukan bisnis ketika terjadi penjualan atau mendapatkan investor yang menyetorkan dana mereka kebisnis kamu.
Dengan mencatat pemasukan kamu dapat melihat keuntungan di dalam bisnis kamu.
Itulah tips bagaimana mengatur keuangan di dalam bisnis. Jika ada salah satu tips yang belum kamu lakukan maka kamu harus segera mempraktikan hal ini. semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu.